UKM di Universitas Muhammadiyah Palembang, Tempat Memperluas Relasi dan Mengembangkan Potensi Diri

Oleh Klikampera pada Rabu, 1 Juli 2020 09:53 WIB
UKM Seni dan Budaya Universitas Muhammadiyah Palembang

Palembang, klikampera.com – Tidak hanya untuk belajar dan belajar, kampus pun bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi diri. Mahasiswa dapat melakukan berbagai hal di kampus yang mendukung proses pengasahan yang dibutuhkan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus. UKM adalah wadah wisata kemahasiswaan kelas luar untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian khusus.

Terkadang mahasiswa baru tidak tahu apakah UKM di Kampus, atau bahkan mereka tahu, tetapi memilih untuk tidak mengikuti UKM dengan alasan tidak tertarik dan khawatir akan melibatkan perkuliahan. Nyatanya banyak sekali manfaat jangka panjang yang bisa kita ambil dari mengikuti UKM untuk terjun ke dunia kerja.

Berikut beberapa manfaat yang mahasiswa baru dapatkan dari mengikuti UKM:

  1. Memperluas Relasi
    UKM dibuat untuk seluruh fakultas yang ada di kampus, jadi banyak mahasiswa dari berbagai jurusan yang bergabung dalam satu UKM. Hal ini membuat mahasiswa dapat saling berbagi satu sama lain, tak hanya dari fakultas dan jurusannya sendiri. Relasi sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dan karir di masa depan.
  2. Kesempatan Raih Prestasi Lebih Luas
    Tak hanya relasi, di UKM pun kita dapat memperoleh banyak prestasi dengan mengikuti banyak perlombaan yang sesuai dengan kegiatan UKM. UKM yang didukung oleh kampus sehingga memiliki fasilitas yang dapat menunjang proses pengembangan bakat dalam pencapaian prestasi.
  3. Memiliki Tempat untuk Mengembangkan Hobi
    Mahasiswa yang memiliki hobi tertentu dapat berpartisipasi UKM yang sesuai dan memperdalam serta mengembangkan kemampuan dengan berbagi ilmu dan pengetahuan bersama orang – orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Hal ini dapat menjadi acuan untuk terus belajar menjadi lebih baik.
  4. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
    Dalam sebuah UKM kita akan bertemu dengan semua orang dan melakukan komunikasi dengan mereka, kebiasaan dalam mengeluarkan pendapat dapat meminimalkan rasa grogi dan takut sehingga menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, dengan mengikuti UKM pelajar akan mendapatkan dukungan dari orang lain, hal ini pun meningkatkan kepercayaan diri.
  5. Belajar Manajemen Waktu
    Dengan mengikuti UKM, mahasiswa baru pun memiliki jadwal lain selain kuliah, hal ini memacu mahasiswa untuk belajar mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan UKM sehingga tidak perlu menumpang satu sama lain.
    Mahasiswa yang dapat menghitung waktu dengan baik akan dengan mudah mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat. Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki 6 Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif di kampus untuk mendukung mahasiswa dalam meningkatkan potensi diri melalui kegiatan perkuliahan termasuk organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas.

Berikut UKM-UKM yang ada di Universitas Muhammadiyah Palembang :

  1. Resimen Mahasiswa : @menwasatuan6ump
  2. UKM Seni dan Budaya : @16mayproduction
  3. UKM Pramuka : @racana_umpalembang
  4. UKM Tapak Suci : @asc_crew
  5. Korps Sukarelawan PMI : @ksrpmiumpalembang
  6. Lembaga Pers Mahasiswa FITRAH : @lpmfitrah_ump
  7. Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah : @pcimmumpalembang
  8. Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Fakultas

Editor: Rianza

Pos terkait