UMSU Wisuda 3.419 Magister, Dokter, Sarjana, dan Ahli Madya

Oleh Klikampera pada Senin, 7 Mei 2018 18:55 WIB

Medan, klikampera.com – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mewisuda 3.310 magister, dokter, sarjana dan ahli madya. Wisuda berlangsung di Santika Dyandra Convention Hall, Medan, Senin (7/5).

Hadir Wakil Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Edi Suwandi Hamid dan seorang tokoh masyarakat Sumatra Utara yang putrinya diwisuda, Letjen Purn. Edy Rahmayadi, Wakil Ketua PWM Sumut Prof. Ibrahin Gultom, Ketua PW Aisyiyah Sumut Hj. Elynita dan Pengurus BPH UMSU Dalail Ahmad dan Baril Datuk.

UMSU memiliki 8 Fakultas dengan 26 program studi dan Pascasarjana dengan 8 program studi. Dengan Akreditasi intitusi ‘B’ UMSU sudah memiliki 7 program studi terakreditasi ‘A’. Jumlah prodi terakreditasi A akan terus bertambah seiring dengan proses re-Akreditasi.

Dari 3.419 wisudawan, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menyumbang wisudawan terbanyak yakni 1.154 wisudawa menyusul FKIP 894 wisudawan. Wisuda pertama tahun 2018 ini, UMSU juga mewisuda 148 dokter.

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP yang mewisuda 3.419 magister, dokter, sarjana dan ahli madya meminta kepada wisudawan untuk memberi darma baktinya untuk bangsa negara.

Kata Agussani tantangan yang dihadapi semakin berat karena sebagai akedemisi memiliki peran untuk mengubah pola pikir masyarakat. Untuk itu jelas Agussani
UMSU memberi perhatian pada pendidikan yang berkarakter.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suwandi Hamid mengatakan perkembanga UMSU sangat menggembirakan.
Menyinggung tentang akreditasi institusi UMSU, Edi Suwandi Hamid optimis UMSU mampu meraih akreditasi ‘A’.

Kepada wisudawan Edi Suwandi Hamid meminta agar menjadi cendikia bangsa yang mampu memberi perubahan. Sebagai pemikir, Anda harus menjadi pemberi solusi persoalan masyarakat bukan pembuat masalah.

Menyinggung tentang kondisi Indonesia saat ini adalah masalah kemiskinan dan tingginya angka pengangguran. Untuk itu, Edi Suwandi Hamid meminta agar alumni UMSU dapat menjadi enterpreneur.

Pelaksanaan wisuda dilakukan selama tiga hari (7-9/5). Hari pertama diwisuda 1.107 orang, hari kedua 1.079 orang san hari ketifa 1.124 orang.

UMSU kini menjadi PTM terbesar di Sumatra dengan mahasiswa mencapai 22 ribu orang. Dengan motto Unggul, Cerdas dan Terpercaya UMSU kini fokus melaksanakan program internasionalisasi Kampus dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. (SHD)

Pos terkait