Universitas Muhammadiyah Palembang Terjunkan 14 Mahasiswa Terbaiknya di KKNMu untuk Negeri Ke VI di Kota Bengkulu

oleh -103 views
Peserta KKNMu 14 mahasiswa terbaik dari Universitas Muhammadiyah Palembang yang didampingi Ketua LPPM Dr. Ir. Mustopa Marli Batubara, M.P., serta Dr. Ir. Alhanannasir, M.Si.

Bengkulu, klikampera.com – Panitia Pusat  Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKNMu) untuk Negeri dan Tuan Rumah Universitas Muhammadiyah Bengkulu melepas mahasiswanya untuk mengikuti KKNMu Untuk Negeri VI di Kantor Walikota Kota Bengkulu, Rabu, (31/7/2019) yang lalu.

Adapun KKNMu untuk Negeri tahun 2019 ini diikuti 574 mahasiswa dari 42 PT Muhammadiyah & Aisyiyah Se Indonesia yang disebar 9 kecamatan kota Bengkulu dan 55 Kelurahan, dan diantara 574 peserta KKNMu terdapat 14 mahasiswa terbaik dari Universitas Muhammadiyah Palembang yang didampingi Ketua LPPM Dr. Ir. Mustopa Marli Batubara, M.P., serta Dr. Ir. Alhanannasir, M.Si.

Ketua Panitia Pusat KKNMu untuk Negeri VI, Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum., beserta Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. Sarkoni, M.Pd., melaksanakan penyerahan mahasiswa KKNMu untuk negeri VI tersebut, kepada Walikota Bengkulu yang diwakili Dedy Wahyudi, S.E., M.M., Wakil Walikota Kota Bengkulu.

Dr. Ratih Rina Sri Sudaryani, M.Hum., menjelaskan bahwa terpilihnya UMBengkulu menjadi tuan rumah untuk KKNMu dikarenakan sumber daya manusia dan alam nya memiliki khas tersendiri & Kota Bengkulu merupakan tempat bersejarah bagi Presiden Pertama Republik Indonesia dan bertemunya dengan Ibu Negara Pertama asal Kota Bengkulu.

Lanjutnya KKNMu merupakan program nasional dari PP Muhammadiyah untuk merajut nasionalisme, menguatkan akar budaya, kecintaan dan pengenalan pada budaya lokal, sekaligus promosi wisata bagi tuan rumah dan promosi kampus muhammadiyah pada umumnya”,ujarnya.

Keberhasilan KKNMu tak hanya ditentukan kesuksesan program peserta tapi dukungan semua pihak, karenanya Panpel Pusat mengucapkan terimakasih pada Pemda kota dan UMBengkulu yang telah memfasilitasi pelaksanan KKNMu tahun ini. 

“Melalui koordinasi dan kerjasama mahasiswa KKNMu ini, dapat membantu program strategis pemerintah kota Bengkulu serta mempromosikan Pariwisata dan khas Kota Bengkulu di sosial media masing-masing” ungkapnya.

“Jangan pernah meninggalkan luka disini, jikapun ada cinta yang lahir dari KKNMu ini anggaplah itu sebagai bonus dari kegiatan yang dapat mempersatukan cinta serta merajut nasionalisme ini”, tutup Ratih diiringi tepuk riuh peserta.

Sementara itu, Dedy Wahyudi,S.E.,M.M , mengucapkan terimakasih atas telah ditunjuknya dan ditetapkannya Bengkulu menjadi tuan rumah KKNMu.

Dirinya menambahkan, KKNMu merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa tingkat Nasional, “KKNMu sebagai bagian pengabdian bagi mahasiswa dengan basis masjid sangat sejalan dengan motto kota Bengkulu Menjadi kota Religius dan bahagia”, tegas Wawali. Penyelarasan program KKNMu dan program religius kota Bengkulu akan makin sejalan dengan support dari mahasiswa peserta KKNMu. 

Pemerintah kota Bengkulu baru-baru meluncurkan himbauan masjid dalam wialyah kota Bengkulu untuk buka 24 jam, ini merupakan gerakan pertama di Indonesia, kehadiran KKNMu dengan basis masjid akan memperkaya dan menambah kesuksesan program pemberdayaan masjid yang di gagas walikota”, jelasnya.

Tak lupa bapak Wawali mengucapkan berharap peserta KKNMu memberikan ide pengembangan kota, wisata maupun peningkatan kesejahteraan rakyat. “Pemda kota terbuka dengan ide pembaharuan dari peserta KKNMu, silahkan kunjungi tempat wisata dan sebarkan di medsos masing-masing” tutup Dedy.

Turut hadir dalam acara penyerahan mahasiswa KKNMu tersebut, PP Muhammadiyah Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) & Panitia Pusat KKNMu, jajaran Wakil Rektor dan Dekan Fakultas UM Bengkulu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) & Dosen Pendamping Lapangan (DPL) PTMA dan Pemerintah Kota Bengkulu.

Editor: Rianza