Usai Porprov, IPSI Sumsel Bidik Pesilat Baru

Oleh Klikampera pada Kamis, 11 Januari 2018 19:17 WIB

Sumatera Selatan, klikampera.com – Usai pesta olahraga provinsi diakhir 2017 lalu, berbagai cabang olahraga melakukan berbagai evaluasi, baik dalam hal pembinaan maupun munculnya atlet-atlet baru.

Termasuk cabang olahraga silat yang diakui memiliki puluhan perguruan yang tersebar di Sumsel dan bernaung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumsel.

Meski memiliki banyak perguruan, silat belum mampu berbicara banyak di PON Jawa Barat 2016 lalu. Oleh karena itu, multievent Porprov 2017 lalu menjadi evaluasi oenting menuju PON Papua 2020 mendatang.

“Kita melihat, banyak pesilat baru dari Porprov. Dan ini tentu menjadi harapan baru bagi silat menjelang PON karena kita ingin ada Deni-Deni yang lain yang bisa meraih medali pada PON,”ujar Sekretaris Umum Darlis, Kamis (11/1/2018).

Lanjut Darlis bahwa pihaknya mengatakan bahwa pemetaan silat di kabupaten/kota di Sumsel mulai merata sehingga banyak pesilat baru yang potensial untuk menggantikan atlet senior yang lambat laun terpaut umur dan tak bisa tampil di PON.

“Kita tidak ingin terus mengandalkan Deni, Yesi Abdi dan lainnya karena PON itu ada batasan usia,”tegas Darlis.

Berangkat dari hal tersebut, Darlis meminta kabupaten/kota lebih serius lagi meningkatkan pembinaan atlet silat di masing-masibg daerahnya. Pasalnya, belakangan ini banyak pesilat yang potensial.

“Kemarin kita lihat Palembang merosot Muba naik dan lainnya. Artinya ini hampir merata dan kompetitif sehingga semangat daerah juga terus naik dengan spharing silat yang nyaris sama kekuatannya,”terangnya.

Evaluasi ini menurutnya sudah dilakukan dan menjadi catatan tersendiri oleh IPSI Sumsel sembari berjalannya waktu dua tahun jelang PON dengan berbagai kompetisi.

“Artinya, kita tetap lakukam promosindan degradasi karena Porprov kemarin Porprov pembinaan. Dan dua tahun kedepan ada Porprov Prabumulih 2019 dan Kejurnas tahunan yang akan jadi jam terbang sekaligus promosi atlet potensial jelang PON Papua,”pungkasnya.

Pos terkait