Viral Uang Kopi, Kakanwil Angkat Bicara.

oleh -63 views

KlikAmpera.com, Palembang- Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, DR H Sudirman D Hury SH MM MSc, angkat bicara terkait beredar Viral di media sosial curhatan Backpaker asal Malaysia yang dipersulit “dimintai uang kopi” oleh petugas Imigrasi di Bandara Internasioanal Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Sudirman mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada petugas imigrasi yang melakukan penyimpangan dan meminta uang Kopi.

“Semalam saya kumpulkan semua petugas teknis di Airport SMB II dan Kepala Kantor Imigrasi juga di dampingi Kepala Devisi Imigrasi Kantor Wilayah Hukum dan Ham Sumsel, ternyata hanya ada kesalahan persepsi,”ungkapnya usai Deklarasi Janji Kinerja 2018, Senin (8/1) di Lapas Anak Pakjo Palembang.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, awal dari tercetusnya permintaan uang kopi bukan dari pihak imigrasi melainkan berasal dari pihak lain.

“Setelah di arahkan kepihak airline untuk memiliki tiket kembali, disana terjadi dialog dan dugaan saya dan berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata dari pihak lain yang menyatakan mengapa tadi tidak diberi saja uang kopi paling 300.000 selesai itu pernyataan orang lain bukan dari petugas saya,” lanjutnya.

Dilanjutkannya, apa yang dilakukan petugas imigrasi pada saat pemeriksaan kelengkapan berkas turis Malaysia ini sudah sesuai dengan SOP.

“SOP di imigrasi ketika turis datang kesini, sebagai jaminan agar dia tidak menyalai ketentuan dalam artian untuk mencari kerja atau melakukan hal lainya, Backpaker harus ada jaminan akan kembali ke Negaranya ketika masa liburannya selesai.

Jadi petugas kita di Airport menanyakan mana tiket kembali dan dia tidak memilikinya maka di arahkanlah untuk memiliki itu,”ungkapnya.

Ia berjanji, apabila ada keterlibatan petugas imigrasi dalam kasus ini yang menyalahgunakan kewenangannya yang melanggar aturan dan bekerja tidak sesuai SOP akan saya tindak tegas.

“Demikian juga kalau ada pihak-pihak yang berupaya mencemarkan nama baik imigrasi saya tidak akan tinggal diam,” tegasnya.