Wenjun dan Goryachkina Imbang Pada Kejuaraan Dunia Catur Putri

Oleh Klikampera pada Senin, 13 Januari 2020 08:16 WIB
Ju Wnjun vs Aleksandra Goryachkina

Jakarta, klikampera.com – Hingga menyelesaikan enam babak kejuaraan dunia catur putri FIDE di Shanghai, Tiongkok, Minggu (12/1) malam waktu setempat, duel antara GM Ju Wenjun dari Tiongkok dan GM Aleksandra Goryachkina (Rusia) berakhir imbang 3-3.

Seperti disiarkan laman resmi kejuaraan (wwcm2020.fide.com), pada babak keenam, Wenjun yang memiliki elo rating 2584 dan Goryachkina (2578) sepakat remis pada langkah ke-105, sehingga secara keseluruhan kedua pecatur berbagi angka 3-3.

Sang juara bertahan Wenjun tidak mampu memanfaatkan keuntungannya sebagai pemegang buah putih, bahkan Goryachkina sedikit unggul posisi saat memasuki permainan akhir.

Dalam pertandingan yang memainkan pembukaan Ruy Lopez itu, Wenjun berupaya menekan lewat sayap menteri, tetapi Pertahanan Berlin yang dikembangkan Goryachkina terlalu rapat untuk dibongkar. Bahkan hitam memberi ancaman lewat sayap raja.

Memasuki akhir permainan tengah, hitam sedikit unggul posisi meskipun tidak cukup untuk menekan Raja hitam.

Setelah terjadi pertukaran menteri, permainan pun mengarah ke hasil remis.

Babak keenam adalah pertandingan terakhir yang dimainkan di Shanghai. Enam babak selanjutnya berlangsung di Vladivostok, Rusia pada 15-25 Januari waktu setempat.

Dari enam babak yang telah dimainkan sejak 5 Januari itu, empat babak berakhir remis. Wenjun memenangi babak keempat, tetapi dibalas sang penantang pada babak kelima sehingga total poin sementara berimbang 3-3.

Duel dua pecatur putri itu akan berlangsung 12 babak. Kontrol waktu untuk setiap permainan adalah 90 menit untuk 40 langkah pertama, diikuti oleh 30 menit untuk sisa permainan.

Pecatur yang memperoleh 6,5 poin atau lebih akan memenangi pertandingan. Jika skor setelah dua belas pertandingan berimbang, pertandingan akan ditentukan melalui tie-break.

(Ant/riil)

Pos terkait