Wow, Palembang Raih Predikat Sebagai Kota Paling Layak Huni

oleh -280 views

Palembang, klikampera.com – Kota Palembang berhasil meraih predikat sebagai kota layak huni, bahkan hebatnya lagi, Palembang menempati urutan ke-2 sebagai kota paling layak huni di Indonesia.

Predikat kota layak huni ini berdasarkan data yang dirilis oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAPI) pada selasa (30/1/2018) di kementerian agraria dan tata ruang Jakarta.

Dalam rilisnya tersebut, Palembang bersama Solo, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, dan Banjarmasin masuk ke dalam jajaran tujuh kota dengan nilai index livability di atas rata-rata.

Ketua Umum IAPI, Bernadus Djonoputro mengungkapkan, ada beberapa indikator penilaian yang digunakan untuk menentukan nilai index livability sehingga bisa mengetahui kota tersebut layak huni atau tidak.

“Indikator penilainya adalah, ketercukupan pangan, fasilitas peribadatan, pengelolaan air bersih, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, transportasi, keselamatan kota, pengelolaan air kotor dan drainase, fasilitas pejalan kaki, dan informasi pembangunan dan keterlibatan masyarakat” Ungkap Bernadus.

Dari indikator penilaian inilah, lanjut bernadus, akan diketahui kota dengan nilai index livability diatas rata-rata, nilai index livability rata-rata, dan nilai index livability di bawah rata-rata.

“Dari 28 kota yang kita nilai, kota Solo, Palembang, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, dan Banjarmasin berhasil berada diurutan teratas sebagai kota layak huni, karena ketujuh kota ini memiliki nilai index livability di atas rata-rata” Ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo mengaku sangat senang terhadap predikat layak huni yang diberikan oleh IAPI kepada kota Palembang.

“Hal ini menunjukkan bahwa Palembang sangat aman dan nyaman sebagai kota tempat tinggal, secara tidak langsung ini menunjukkan bahwa masyarakat Palembang dan para pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal di Palembang ” Kata Harnojoyo.

Predikat kota paling layak huni yang disematkan kepada Palembang, menurut Harnojoyo, merupakan salah satu dari hasil yang baik dari penataan kota yang dilakukan.

“Itu artinya penataan kota yang kita lakukan sudah cukup baik, dan yang paling penting, keterlibatan masyarakat dalam mensukseskan program -program pemerintah menjadi salah satu indikatornya” Ujar Harnojoyo.

Harnojoyo berharap, hal ini akan berdampak positif terhadap ketertarikan investor untuk berinvestasi di Palembang.

“Para investor tidak akan ragu untuk berinvestasi di Palembang, nilai index di atas rata-rata yang diberikan IAPI dan menempatkan Palembang di urutan kedua kota paling layak huni, akan meyakinkan para investor bahwa paling tepat berinvestasi di Palembang ” Ujarnya. (RZP)